Tuma'ninah

Diantara Rukun Sholat yang paling banyak dan sering dilupakan, diabaikan atau malah ditinggalkan adalah TUMA'NINAH, tuma'ninah adalah berhenti sejenak diantara kedua gerakan sholat, apa batasannya? Menurut
Sayyid Sabiq dalam fiqih sunnah memaknai tuma'ninah dengan diam beberapa saat setelah sempurnanya anggota-anggota tubuh (dalam gerakan sujud dan rukuk) dengan BATASAN WAKTU yang diperlukan  ketika membaca doa tasbih..

Dengan hilangnya tuma'ninah dalam sholat maka sholat yang dilakukan tidak sah seperti apa yang Rasulullah sabdakan: 

“Tidak sah (tidak sempurna) shalat seseorang, sehingga ia tuma'ninah ketika rukuk dan sujud.” (HR. Abu Daud)

Dan dengan hilangnya tuma'ninah dalam sholat juga dikatakan sebagai PENCURI SHOLAT dan pencuri sholat adalah SEJAHAT-JAHATNYA PENCURI (paling jahat) seperti pun apa yg Rasulullah sabdakan: 

Diriwayatkan oleh Abu Qatadah, 

“Sejelek-jelek orang yang mencuri adalah orang yang mencuri dalam shalatnya.” Para sahabat  bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimana ia  mencuri dalam shalatnya?” Beliau menjawab, “Ia  tidak menyempurnakan rukuk dan sujudnya.” Atau beliau bersabda, “Ia tidak meluruskan punggungnya ketika rukuk dan sujud.” (HR. Ahmad, Ibnu Majah, ath-Thabrani dan al-Hakim)

Sholat bukan hanya sekedar penggugur kewajiban dan dilakukan dengan tergesa-gesa sehingga rukun tuma'ninah ditinggalkan, sholat adalah kebutuhan Ruh dan rasa sadar diri ketidakmampuan hamba kepada Rabb-Nya atas segala sesuatunya.

Wallahua'lam 👲👲

#ntms #fiqhsholat #semogamanfaat #justshare
Kelamaan dimz
Hahahaha

No comments:

Popular Posts